Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image Demo image

Media Pendidikan & Pendidikan Media

  • Rabu, 22 Desember 2010
  • Debi Fadilah


  •             Media merupakan salah satu komponen komunikasi, yaitu sebagai pembawa pesan dari komunikator menuju komunikan (Criticos, 1996). Berdasarkan definisi media tersebut, dapat dikatakan bahwa proses pendidikan juga merupakan proses komunikasi. Maka media pendidikan sendiri adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar.

    Tiga kelebihan kemampuan media (Gerlach & Ely dalamIbrahim, et.al., 2001) adalah sebagai berikut :
    1. Pertama, kemapuan fiksatif, artinya dapat menangkap, menyimpan, dan menampilkan kembali suatu obyek atau kejadian. Dengan kemampuan ini, obyek atau kejadian dapat digambar, dipotret, direkam, difilmkan, kemudian dapat disimpan dan pada saat diperlukan dapat ditunjukkan dan diamati kembali seperti kejadian aslinya.
    2. Kedua, kemampuan manipulatif, artinya media dapat menampilkan kembali obyek atau kejadian dengan berbagai macam perubahan (manipulasi) sesuai keperluan, misalnya diubah ukurannya, kecepatannya, warnanya, serta dapat pula diulang-ulang penyajiannya.
    3.  Ketiga, kemampuan distributif, artinya media mampu menjangkau audien yang besar jumlahnya dalam satu kali penyajian secara serempak, misalnya siaran TV atau Radio.
    Namun dalam pemilihan media, kita harus memperhatikan kompleksitas dan keunikan proses belajar, nilai dari media terletak pada tingkat realistiknya dalam proses penanaman konsep. Maka dari itu hal yang pertama sekali yang harus kita lakukan adalah melakukan pendidikan terhadap media itu sendiri. Pendidikan media sendiri dapat kita artikan sebagai suatu proses yang berkelanjutan untuk memahami, menganalisa, mengembangkan dan berevolusi terhadap suatu media. 

    Beberapa contoh media yang dapat dipelajari, contohnya
    1.  Media visual, seperti gambar, diagram, film slide dll
    2. Media audio, seperti radio, rekaman suara, dll
    3.  Media audio-visual, seperti video, atau film, dll

    2 komentar:

    Rosya Linda Hasibuan mengatakan...

    Kak Debi,,, Semangat Yow!!!
    Besok dah libur kak...
    Tapi kualitatif dan Filsafat menanti untuk dikerjakn...
    Hehehhe...

    Suri Mutia Siregar mengatakan...

    syalala..

    Posting Komentar